Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak


brain
Otak secara alami akan kehilangan sel-selnya ketika mencapai usia 30 tahun. Akibatnya daya tangkap akan terganggu, mudah lupa dan sulit mengingat informasi baru. Namun ada trik untuk menjaga kemampuan otak agar terus bekerja secara baik. Dari survey yang dilakukan di Australia terhadap beberapa orang yang telah diseleksi yang merupakan orang-orang yang memiliki daya ingat kuat. Dengan menjalankan tes ingatan seperti mengingat kejadian beberapa tahun yang lalu. Setelah dianalis, muncul kesimpulan bahwa ada sejumlah kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang tersebut. Kebiasaan ini bisa anda gunakan juga untuk membantu menambah daya ingat anda.

1. Makan Ikan
Tentu anda sudah sering dengar jika ikan merupakan makanan yang mengandung banyak protein. Protein ini yang nantinya berfungsi untuk meregenerasi sel-sel mati dan sel-sel otak yang sedang berkembang. Setelah menganalisis berbagai faktor risiko multipel, peneliti menemukan bahwa risiko mengalami kematian sel otak di beberapa tempat, lebih rendah pada mereka yang mengkonsumsi ikan tiga kali atau lebih dalam seminggu dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi ikan kurang dari 1 kali sebulan.

2. Membuat Catatan Kecil
Sebuah data yang masuk keotak tanpa mencatatnya mungkin saja menempel tapi mungkin juga tidak. Berbeda halnya jika kita lebih dulu mencatatnya, maka kita dapat membuka kembali untuk membacanya ketika lupa. Tidak hanya itu, ternyata mencatat juga dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menghafal hingga dua puluh persen.

3. Tidak Mengkonsumsi Rokok Dan Alkohol
Semua orang sudah mengetahui kalau merokok itu tidak baik untuk kesehatan dan ada banyak dampak buruk yang dihasilkan bagi organ tubuh jika merokok. Khusus untuk organ otak, merokok bisa menyebabkan otak menyusut dan memicu penyakit pikun atau Alzheimer. Sel-sel saraf akan menyusut pada bagian hippocampus dan korteks depan yang berfungsi menyimpan ingatan.

4. Menonton Televisi Tidak Terlalu Lama
Orang-orang dengan daya ingat kuat biasanya jarang sekali menghabiskan waktu berjam-jam didepan televisi, kecuali tontonan yang sifatnya mendidik (edukasi). Bagi anda para orang tua sebaiknya lebih membatasi anak anda saat menonton tv, dan sangat tidak disarankan untuk meletakan televisi di kamar anak.

5. Membaca Novel

Membaca buku-buku novel dan buku-buku cerita lainnya dapat meningkatkan kemampuan otak anda. Anda tahu perbedaan antara membaca novel dengan membaca buku-buku pelajaran? Perbedaannya yaitu ketika anda membaca novel atau buku-buku cerita pada hakikatnya anda sedang melatih kemampuan otak kanan anda. Otak kanan ini sangat berperan dalam kemampuan imajinasi, fantasi, dan kreatifitas. ketika anda membaca novel atau buku-buku cerita, otak yang banyak berperan ketika itu bukanlah otak logis anda (kiri). Tentu bukan berarti bahwa apa yang anda baca bukanlah hal yang membutuhkan logika berfikir. Dalam novel juga dibutuhkan analisis dan logika hanya saja tidak sebanyak sebagaimana ketika anda membaca literatur. Ketika anda membaca novel atau buku cerita, akan lebih banyak bermain dengan imajinasi anda ketimbang logika dan sistematika.

6. Selalu Berpikir Dan Menganalisa 
Kemampuan otak akan terus meningkat ketika data yang masuk ke dalamnya terhubung satu sama lain. Dengan terus menghubungkan dan menganalisa seperti itu, sebuah data akan tersimpan dan tertanam dalam otak lebih kuat lagi.

7. Minum Teh Dan Kopi
Kopi dan teh sudah menjadi minuman favorit bagi kebanyakan orang di dunia. Tapi efek menguntungkan dari kafein pada kopi sebagai obat psikoaktif, yang dapat memelihara fungsi otak, belakangan ini mulai dihargai. Teh dan kopi mengandung kafein yang bisa memacu kerja jantung dan otak untuk terus terjaga dan bekerja lebih baik lagi. Namun, minumlah secukupnya, jangan berlebihan.

Itulah beberapa hal yang dapat meningkatkan daya ingat pada otak kita.
Semoga Bermanfaat.

1 comment: