Manfaat Mengkonsumsi Air Putih


air putih

Manfaat Air Putih untuk kesehatan memang sangatlah banyak, air putih dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan. perlu diketahui tubuh kita terdiri dari 70% cairan yang mana kebutuhan akan cairan sangat tinggi. Cairan ini bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dalam seharinya. Air putih merupakan minuman yang paling sehat dan tidak berbahaya karena sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatannya.

Yaa jika kita uraikan satu per satu mungkin tidak ada habisnya. Manfaat yang langsung dirasakan mungkin hanya menghilangkan haus saat siang dan malam. Namun lebih dari itu, manfaat air putih dapat bertambah banyak dan memberikan dampak yang positif terhadap kebugaran tubuh kita.

Lalu apa saja manfaat air putih untuk tubuh kita?

Manfaatnya memang tidak perlu untuk kita ragukan lagi, berikut ini adalah beberapa manfaat air putih yang secara tidak terduga memiliki peran penting dalam keberlangsungan hidup kita.

1. Menghilangkan Haus.
Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, kita cenderung membutuhkan air putih untuk menghilangkan dahaga, tentu kita juga dapat merasakan manfaat yang satu ini hampir setiap waktu.

2. Meningkatkan Energi.
Untuk menfaat yang satu ini pasti anda juga telah merasakannya, yaa benar air putih memang dapat meningkatkan energi khususnya saat melakukan aktifitas disiang hari.

3. Mencegah Penuaan.
Meminum air putih dalam jumlah yang tepat setiap harinya dapat menghindari dari bahaya dehidrasi, dehidrasi ini dapat terjadi pula pada kulit anda. Jika kulit mengalami dehidrasi maka akan semakin cepat muncul garis-garis halus atau kerutan pada bagian tubuh tertentu.

4. Mengeluarkan Racun.
Racun dalam tubuh kita dapat dikeluarkan melalui keringat, urine, dan juga fases. Tetapi semuanya tidak akan terjadi jika tubuh kita kekurangan cairan.

5. Membantu Sistem Pencernaan.
Air dibutuhkan oleh tubuh agar sistem pencernaan bekerja secara normal dan tidak terlalu membebani fungsi usus.

6. Menjaga Suhu Tubuh.
Air putih berperan sangat penting terhadap suhu tubuh seseorang, kekurangan cairan dapat membuat tubuh kehilangan kendali atas fungsi tubuh lainnya.

7. Menurunkan Berat Badan.
Air bekerja sebagai pembersih lemak dan kotoran yang tertimbun dalam tubuh. Tentu saja manfaat ini baru dapat anda rasakan jika dikombinasikan dengan mengatur pola makan yang benar.

8. Memperlancar Aliran Darah.
Secara kodrat manusia diciptakan terbuat dari air, apabila manusia kekurangan air putih maka sirkulasi peredaran darah menjadi tidak lancar.

9. Membantu Proses Regenerasi Kulit.
Proses regenerasi kulit membutuhkan cairan yang cukup agar semua nutrisi yang dibutuhkan dapat dialirkan ke bagian ini, selain itu proses pembuangan racun pada kulit juga akan lebih mudah dilakukan.

10. Mencegah Terjadinya Demam.
Jika ada gajala demam dalam tubuh anda, meminum air putih yang banyak akan membantu menurunkan gejala panas dalam dan temperatur tubuh.

11. Mencegah Sakit Punggung.
Sakit punggung bisa disebabkan karena dehidrasi, oleh sebab itu air putih dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

12. Meningkatkan Kekebalan Tubuh.
Air putih dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh seseorang, jika metabolisme dalam keadaan baik maka secara otomatis sistem imun juga akan berfungsi secara normal.

13. Menghindari Batu Ginjal.
Organ ginjal membutuhkan banyak air untuk dapat menyaring racun dan mengeluarkannya, kekurangan air sedikit saja dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

14. Mengatur Suplai Nutrisi.
Nutrisi dan vitamin yang kita dapatkan dari makanan tertentu tidak akan bisa dialirkan ke bagian tubuh yang membutuhkan tanpa adanya cairan yang cukup.

15. Menurunkan Resiko Kanker Kandung Kemih.
Air berguna untuk melarutkan senyawa berbahaya yang berada pada organ usus dan kandung kemih yang berpotensi memicu tumbuhnya sel kanker.

16. Menjaga Keseimbangan pH.
Fungsi tubuh manusia terkait erat dengan keseimbangan pH 7, agar keseimbangan tersebut tidak terganggu maka minumlah air secukupnya.


Gimana , masih malas juga meminum air putih? Jangan sampai yah...apalagi setelah mengetahui manfaat air putih yang sudah dijelaskan panjang lebar di atas.

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment