Pengertian Email


mengenal email
E-Mail adalah singkatan dari electronic mail yaitu surat menyurat didalam internet. Email merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi yang paling banyak digunakan di Internet. Hal ini karena Email merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat. Dengan Email kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke Internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal (bila kita menggunakan line telepon atau ISDN). Email menggeser penggunaan telepon dan fax dimasa kini.
Konsep Email adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari Kantor Pos tersebut akan disampaikan ke Kantor Pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah.
Dengan Email data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Email juga dapat mengirim file-file berupa program, gambar, graphik dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus pada saat bersamaan.
Sebuah alamat surat (mail address) adalah gabungan dari nama dan alamat. Dalam Internet Mail hal ini didifinisikan dengan nama user dan alamat host. Biasanya bentuk dasar dari mail address adalah nama@hostaddress dimana nama adalah nama user yang memiliki alamat mail dan hostaddress adalah alamat host, server tempat mail disimpan.
Setiap internet mail software akan selalu meminta data-data masukan sebelum mail dapat dikirimkan. Standar pengiriman e-mail biasanya terdiri dari beberapa field sebagai berikut:

Tanda HeaderDeskripsi Fungsi
ToDaftar alamat e-mail yang akan And
kirimi. Masing-masing lamat dapat
dipisahkan dengan tanda “;” atau koma
“,”.
CcDaftar alamat e-mail yang digunakan
untuk menyalin message yang Anda
kirimkan, berfungsi untuk mengecek
apakah sampai atau tidak. Biasanya
adalah alamat mail kita sendiri.
SubjectGambaran global terhadap message yang
Anda kirimkan. Gambaran ini yang akan
ditampilkan di mail box penerima.
BodyAdalah deskripsi lengkap dari surat yang
kita kirimkan.

Proses pengiriman ini tergantung dari software e-mail yang dipakai. Dalam dunia internet sudah banyak dipakai web-web server gratis untuk penempatan e-mail. Sebagai contoh adalah :
* Yahoo : http://mail.yahoo.com
* Google : http://mail.google.com
* dll .

No comments:

Post a Comment