Menghilangkan Fungsi Klik Kanan Pada Blog


Kali ini saya akan mencoba menbagikan sebuah tutorial Blogspot yang menurut saya cukup bagus. Yakni tentang cara bagaimana “Menghilangkan Fungsi Klik Kanan Pada Blogspot” agar di blog kita terhindar dari perbuatan Blogger lainnya yang suka melakukan copy-paste (coppas) dari artikel yang sudah kita buat.

Sering saya melakukan blogwalking ke blog-blog lainnya dan mendapati kalau karya tulis dari mereka banyak dicopas oleh Blogger lain. Ada yang menyikapinya dengan biasa saja, tapi tidak sedikit yang marah-marah gak karuan.

Maka dari itu, alangkah baiknya bila kita mencegah kejadian seperti itu agar tidak terus berlangsung. Hal ini tentu saja selain bisa memproteksi artikel yang kita buat, juga bisa 'menyadarkan' kepada Blogger tersebut untuk tidak mencopas hasil karya orang secara 'mentah-mentah' tanpa diolah sedikitpun. Sehingga sang Blogger bisa lebih berkreatif dengan karya-karyanya.

Tutorial ini selain berfungsi untuk mencegah coppas, juga bisa mencegah Blogger lainnya untuk mengintip “Lihat Kode Sumber Laman” dari Blog kita. Untuk menghilangkan fungsi coppas pada blogspot sangatlah mudah.

 Oke kita langsung mulai tutorialnya.

  1.  Login ke akun blog anda.
  2. Masuk ke menu Template,  kemudian klik “Edit HTML”, jangan lupa untuk mencentang “Expand Template Widget” (dipojok kiri atas).
  3. Cari kode "<body>" (tanpa tanda petik). Sebaiknya gunakan “Ctrl + F” pada keyboard untuk memudahkan pencarian kode tersebut.
  4. Setelah ketemu, ganti kode "<body>" (tanpa tanda petikdengan kode  "<body oncontextmenu='return false;'>" (tanpa tanda petik).
  5. Klik “Simpan Template
Selesai.
Simple kan?  Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment