Mengenal SEO


Definisi/Pengertian SEO,
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya Optimisasi Mesin Pencari. 
Lengkapnya, SEO merupakan sebuah metode agar mesin pencari (search engine) bisa selalu mengindex sebuah website di internet. 
Tujuan dari SEO adalah untuk menempatkan sebuah website muncul pada posisi teratas atau setidaknya di halaman pertama ketika orang mengetikan sebuah kata kunci tertentu di mesin pencarian. Karena secara logis website yang menempati urutan terdepan pada mesin pencarian, akan mendapatkan kunjungan lebih banyak.

SEO secara garis besar dibagi menjadi 2 macam, yaitu:
  1. On Page Optimization adalah proses Optimasi yang dilakukan di website yang bersangkutan itu sendiri, tidak melibatkan keikutsertaan website lain. Contohnya: Perubahan meta tags, Keyword density, Navigasi antar halaman, Internal linking, dan sejenisnya.
  2. Off Page Optimization adalah proses optimasi sebuah website dari “bantuan” website lain. Dalam kata lain, Off page optimization ini adalah berupa Backlink. Yaitu link dari website lain yang nge-link ke website yang dioptimasi.
Ada beberapa teknik-teknik dalam melakukan SEO antara lain:
  • Black Hat SEO yaitu melakukan SEO dengan cara yang licik yaitu dengan melakukan Link Farming, Keyword Stuffing, Cloaking Page doorway page, Invisible Text, Iteration Title.
  • White Hat SEO yaitu melakukan SEO dengan cara yang benar dan positif yang direkomendasikan oleh mesin pencari. Contohnya: Mencari Backlink dari website atau blog sejenis, Optimasi konten, Penempatan kata kunci yang tepat, Pengoptimalan meta tags.
  • Gray Hat SEO yaitu teknik gabungan dari Black Hat SEO dan White Hat SEO. Contohnya: Cloaking, Membeli link, Duplikat konten.

2 comments: